jam

Jumat, 26 Maret 2010

Voltmeter

voltmeter merupakan suatu alat ukur yang akan menunjukan beda potensial pada sustu rangkaian. Meter ini selalu dipasang pararel pada potensial yang berbeda.voltmeter elektrostatik dibuat dalam bentuk kapasitor variabel dengan sepasang pelat logam stasioner dan sepasang pelat logam ringan setimbang yang berputar pada sebuah sumbu pusat. Sebuah jarum penunjuk dipasang pada pelat yang berputar. Sebuah pegas spiral akan mengembalikan jarum penunjuk ke kedudukan nol.
Bila pelat pada meter dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan dc, maka pelat muatan positif dan muatan negatif akan saling menarik. Pelat yang berputar akan bergerak ke arah tetap (stasioner) melawan tegangan pegas, sehingga memutar jarum penunjuk pada skala.


voltmeter elektorstatik dapat digunakan untuk mengukur nilai ggl dc maupun ac dari sekitar 50 V sampai beberapa ribu volt. Skalanya tidak linear pada pembacaan skala rendah tetapi dapat dibuat cukup linear pada pembacaan skala tinggi dengan membentuk pelat-pelatnya. Meter inti merupakan meter laboratorium dan digunakan untuk mengukur tegangan tinggi. voltmeter elektrostatik tidak memerlukan aliran arus melaluinya agar terjadi simpangan jarum, meskipun tetap memerlukan elektron sebagai arus pengisi awal. Biala digunakan utnuk mengukur tegangan ac, reaktansi kapasitifnya menimbulakan aliran arus bolak-balik pada kedua piringan, meskipun sebenarnya tidak ada elektron yang mengalir melalui meter.

0 komentar: